- Sekolahku

Kemah Bantara dan Bakti Sosial SMA Islam Al Azhar 7

Alhamdulillah, kegiatan Kemah Bantara dan Bakti Sosial SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru yang telah dilaksanakan  pada 10 s.d. 12 April 2019 berjalan dengan baik. Kegiatan yang bertempat di Bumi Perkemahan Al Amin Kompleks Candi Sukuh Karanganyar ini diikuti oleh seluruh murid kelas X dan panitia yang berjumlah 120 orang. Kegiatan diawali dengan pelepasan yang dipimpin langsung oleh Bapak Moh Pandoyo, S. Si., M. Pd., selaku Ka. Mabigus SMA Islam Al Azhar 7 di Aula Masjid Al Azhar Solo Baru.

Kegiatan perkemahan ini merupakan salah satu program kerja Dewan Ambalan Gugus Depan 11.08.73-74 SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru periode 2018/2019 yang prioritas dilaksanakan sebagai tugas dan tanggung jawab pengurus. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan dan menumbuhkan jiwa dan semangat kepramukaan kepada peserta Bantara, serta proses alih golongan yang sesuai dengan ciri lambang tanda penegak.  Adapun tujuan dari kegiatan kemah Bantara ini adalah untuk melatih dan meningkatkan kemandirian, kedisiplinan, menanamkan jiwa kepramukaan, menjadikan pramuka yang kreatif, inovatif, inisiatif, serta memberikan wawasan menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab terhadap kelestarian dan keseimbangan alam.

Baca Juga : Hakikat 7 Pantangan Murid SMA Islam Al Azhar 7

Anggota pramuka di era modern sekarang ini dituntut lebih kreatif, inovatif, inisiatif, mandiri, cermat, taat aturan dan budi pekerti serta cinta lingkungan. Sikap ini sangat sesuai dengan prinsip-prinsip dasar pramuka, seperti tercantum di dalam Dasa Dharma Pramuka. Oleh sebab itu, kegiatan pramuka yang dikembangkan sekarang perlu menyelaraskan antara kondisi saat ini serta prospek dan tantangan masa depan.

Gugus Depan (Gudep) 11.08.73-74 SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru dalam proses penyelenggaraan kegiatan ini berorientasi pada kegiatan yang membawa pengaruh positif pada kemampuan manusia modern untuk bertahan hidup di alam terbuka dan memperkenalkan tingkat kepramukaan yang lebih tinggi yaitu penegak kepada murid kelas X, dengan melalui kegiatan perkemahan. Dengan melaksanakan perkemahan perdana bagi anggota Penegak kelas X, diharapkan peserta perkemahaan memiliki identitas dan memahami peranan tingkat penegak dalam struktur organisasi kepramukaan. Adapun materi-materi yang diajarkan di dalam perkemhan ini meliputi Giat Tertib, pioneering, LCC, PBB variasi, dan materi kepramukaan lainnya, yang tentunya sangat bermanfaat bagi para peserta kemah Bantara ini.

Di samping itu, kegiatan kemah bantara ini merupakan bentuk aktivitas yang sangat penting dan berguna bagi pelajar menghadapi tantangan masa depan sebagai agen pembaharu di masyarakat juga bangsa dan negara. Aktivitas kepramukaan dilaksanakan dengan mengembangkan kebiasaan yang positif dalam kehidupan sehari-hari. Dari kebiasaan yang positif tersebut akan tumbuh sikap dan perilaku yang baik, sehingga dapat dicontoh oleh orang lain.

Sebagai penutup acara kegiatan ini, panitia juga mengadakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat sekitar yang dilaksanakan juga di Bumi Perkemahan Al Amin Kompleks Candi Sukuh Karanganyar. Kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud sikap kepedulian terhadap sesama. Dalam kegiatan bakti sosial, diharapkan murid akan banyak mendapat pelajaran yang positif, seperti: mengajarkan sikap saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih sayang kepada sesama, membantu menumbuhkan sikap dan kepekaan sosial dari diri murid, menambah ketakwaan pada Allah SWT, yang semuanya itu tercermin dalam nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka.

(Husain Arif)

About pakhusain

Read All Posts By pakhusain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *